Dea Sunarwan: Strategi Digital Fundraising 2023 dan 2024

Pada tahun 2022 konsumen mengalami era post pandemic atau setelah masa pandemi Covid-19 sehingga membuat masyarakat masih terpengaruh lebih masif digitalisasi alias semua serba digital. Penelitian jumlah populasi konsumen digital Asia Tenggara diyakini akan mencapai angkat 402 juta pada tahun 2027 (sribu.com) jadi 28 juta konsumen digital baru dari 2021 ke 2022 terjadi kenaikan 8% dan lebih dari 97% …

Di asia tenggara jumlah konsumen digital terbanyak ada di Indonesia yaitu 204 jt. Setelah pandemi konsumen menggunakan kedua channel (online dan offline) untuk keunggulannya masing masing. Bisnis perpesanan mulai berkembang terutama di Indonesia.Β Video memiliki peran penting dalam interaksi di tengah terus naiknya jumlah pengguna.

What next?

1. Akuisisi dengan funnel: mengauisisi pasar menjadi donatur lembaga

Deskripsi:

– Attract leads: inspirational content, webinar, gimmick download
– Nature Activity: forum diskusi, serial edukasi
– Convert to platform: website optimization, digital paid promote, digital payment

*Fundamental digital fundrising cycle

2. Retensi dengan CRM: pengulangan order oleh para donatur

Deskripsi:

– Database and historical transaction: Analysis
– CRM system dan app: Channel servives
– Whatsapp dan email marketing

3. Optimasi campaign dengan konten: memperkuat konten dan juga konteks

Deskripsi:

– Dampak program: pengembangan konten pra dan pasca
– Aset narasi: Prfil kewilayahan, profil penerima manfaat
– ASet visual: dokumentasi uang berbicara

 

Key success paid promote

Audience >


Formula development campaign program

Alasan > dampak > ajakan >> #ProgramDampak


Optimalisasi content > aser konten